Solidaritas Rakyat Papua Barat Donasi Lebih 40 Juta Rupiah untuk Korban Gempa Bumi Papua Nugini

Kabar Daerah – Selama satu bulan aksi solidaritas ini berlangsung di berbagai kota di Tanah Papua; Provinsi Papua dan Papua Barat. Aksi dimulai pada 15 Maret lalu, setelah Bencana Gempa Bumi berkekuatan 7,5 SR pada 26 Februari 2018 lalu. 

Penutupan aksi pada 15 April, dengan menggelar Konser Musik di halaman Loka Budaya – Museum Universitas Cendrawasih, Jayapura, Papua.

”Konser Musik ini merupakan aksi terakhir dari rangkaian penggalangan dana sepanjang satu bulan berlalu,” jelas Sem Awom, Koordinator West Papua Solidarity for Earthquake Disaster in Papua New Guinea.

Bentuk aksi yang dilakukan di antaranya Penyebaran Daftar Sumbangan ke Asrama Mahasiswa, Kolekte Khusus di Gereja, dan Aksi Kotak Sumbangan Sukarela di tempat umum di kota-kota.
Terkumpul sejumlah Rp 40.502.100,00. Selain itu, terkumpul juga Pakaian Layak Pakai sejumlah 22 Koli.

Dijadwalkan dalam waktu dekat, Donasi Uang dan Barang ini akan disalurkan kepada Pemerintah Papua Nugini melalui unit penanggulangan bencana negara tetangga itu, agar dapat diteruskan ke warga korban.

Gempa berkekuatan 7,5 SR itu menyebabkan korban jiwa lebih dari 100 orang warga dan korban luka berat-ringan mencapai 500 orang. Terjadi kerusakan fasilitas umum, seperti jalan raya dan rumah penduduk di puluhan villages di Provinsi Southen Highlands, Papua Nugini. Sejumlah 17.000 warga terpaksa mengungsi karena kehilangaan tempat tinggal.

Pemerintah Papua New Guinea sendiri langsung menyediakan dana sejumlah $200.000 untuk penanggulangan bencana, sembari menggalang bantuan Internasional.

Berminggu-minggu setelah Gempa Bumi itu, unit bantuan bencana alam Papua Nugini, masih bekerja keras mengevakuasi para korban, termasuk melakukan penggalian sejumlah lokasi karena diduga ada koban tertimbun.
Sejumlah negara tetangga rumpun Ras Melanesia dan Kawasan Pasifik juga turun tangan membantu.

”Kami bangsa Papua sebagai saudara satu rumpun patut menolong saudara kami yang menderita,” tandas Awom.

source

Please follow and like us:

Add Comment