Respon Pimpinan DPR RI Atas Beberapa Isu Terkini

KOLOM – Berdasarkan informasiyang di dapat doranginfo.com Pimpinan DPR RI memberikan respon atas beberapa isu terkini :

Pertama, terkait beberapa wilayah di Indonesia yang masih belum bebas kusta, mengingat Indonesia telah mencanangkan bebas kusta di tahun 2019, Pimpinan DPR akan mengambil langkah- langkah sebagai berikut. Pertama, meminta Pemerintah Kementerian kesehatan (Kemenkes) untuk terus menekan angka penyakit kusta, mengingat penyakit kusta masih menjangkit sebagian besar wilayah di Indonesia Timur. Kedua, meminta Kemenkes untuk mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai tanda dan gejala penyakit kusta untuk meningkatkan kepedulian terhadap penyakit tersebut.

Kedua, polemik 31 pabrik di Jawa Barat yang membuang limbah hingga mencemari sungai Citarum, Pimpinan DPR meminta aparat keamanan untuk segera mengusut tuntas kasus tersebut dan menindak tegas pihak-pihak yang terlibat. Kedua, meminta Pemerintah untuk melakukan pengawasan secara berkala terhadap pabrik-pabrik, mengingat banyak pabrik yang memiliki saluran pembuangan limbah ilegal. Ketiga, meminta seluruh pihak, termasuk pabrik, untuk berkomitmen tidak mencemari lingkungan dan membuang limbah sesuai peraturan yang berlaku.

Ketiga, pernyataan Indonesia Asian Games Organizing Committee (Inasgoc) yang menyebutkan bahwa anggaran sebesar Rp1,79 triliun untuk Asian Games dari APBN belum mencukupi, Pimpinan DPR akan mengambil beberapa langkah. Meminta Kementerian Keuangan untuk mengkaji kembali pengajuan dari Inasgoc mengenai tambahan dana sebesar Rp1,1 triliun untuk penyelenggaraan Asian Games. Selanjutnya, Meminta Komisi X DPR bersama Pemerintah untuk terus melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan Asian Games, mengingat kegiatan tersebut akan diselenggarakan tujuh bulan lagi. Pimpinan DPR juga meminta Pemerintah dan pihak terkait (kepanitiaan Asian Games) berkomitmen dalam kesiapan sarana dan prasarana Asian Games agar sesuai dengan target dan standar yang telah ditetapkan. Pimpinan DPR terus mendorong Pemerintah untuk menyukseskan penyelenggaraan Asian Games, mengingat event tersebut menjadi pusat perhatian dunia.

Keempat, mengenai kebijakan Pemerintah untuk segera mengeluarkan 2973 jenis barang impor dari kategori dilarang dan atau dibatasi yang mulai berlaku per 1 Februari 2018, Pimpinan DPR meminta instansi-instansi penerbit perizinan barang ekspor-impor untuk berkomitmen dan profesional dalam melakukan pemeriksaan barang impor, guna menghindari penyalahgunaan wewenang oleh pihak instansi penerbit.

Kelima, terkait potensi dampak air laut pasang sebagai akibat dari fenomena gerhana bulan total (31/01), Pimpinan DPR mengingatkan dan Meminta. Pertama, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk tetap memberikan informasi kepada masyarakat mengenai kondisi menjelang hingga setelah fenomena berlangsung. Kedua, Meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mengantisipasi potensi dampak dari fenomena tersebut. Ketiga, Mengingatkan kepada masyarakat untuk waspada terhadap dampak dari fenomena tersebut, seperti air laut pasang maksimum yang dapat mengganggu pelayaran dan memicu banjir ROB. (Bambang Soesatyo)

Please follow and like us: