Politisi Golkar jayapura Buka Pelatihan Jurnalistik Media Online Anti Hoax

Asosiasi Media Siber Online (AMSI) menggelar pelatihan jurnalistik media online anti hoax di Kota Jayapura, Papua, Senin, 4 Desember 2017. “Saya sudah seperti teman dengan pers. Saya besar karena pers. Kota Jayapura terkenal di Inodnesia dan luar negeri karena pers. Begitu juga penghargaan yang sudah di dapat Pemerintah Kota Kayapura,” kata Politisi Golkar yang juga Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano saat membuka kegiatan ditandai dengan penabuhan Tifa.

Pelatihan yang dilaksanakan di Hotel Grand Abe Jayapura dihadiri sebanyak 60 jurnalis dari berbagai daerah di Papua dan Papua Barat baik cetak, maupun online, dengan sejumlah narasumber yang berkompeten di bidangnya. “Profesi jurnalis sangat penting di era globalisasi karena menghubungkan komunikasi di berbagai wilayah tanpa batas terkait peristiwa sebagai sarana informasi,” kata Benhur. Wali Kota Jayapura dua periode ini selalu mengingatkan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Jayapuara untuk tidak menjauhi wartawan. “Kalau tak mau didatangi wartawan berarti ada apa-apanya. Saya terkenal karena pers. Saya bangga dengan wartawan. Siapa yang menguasai media maka dia menguasai dunia,” kata Benhur. Benhur mengingatkan kepada jurnalis khususnya di Kota Jayapura untuk terus meningkatkan kapasitas sebagai jurnalis yang profesional dan bertanggungjawab. “Menyampaikan informasi yang damai dan menyejukkan. Memiliki kompetensi sehingga menerbitkan berita dengan manerik dan sesuai fakta,” pungkasnya.

Dengan adanya pelatihan dua hari dari 4-5 Desember 2017 itu, Benhur berpesan kepada peserta agar memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Sehingga, materi yang disampaikan narasumber dapat di serap agar tulisannya menarik dan berimbang. “Jangan bikin opini dalam pemberitaan. Pemerintah Kota Jayapura selalu terbuka dan transparan. Harapan saya menjadi agen perubahan dan menjadi contoh bagi sesama jurnalis,” tambahnya.

Please follow and like us: