PESONA DANAU SENTANI PAPUA

Berwisata ke Papua bisa sangat menyenangkan bila ditambah berkunjung ke Danau Sentani yang terletak di dekat Kota Jayapura, ibu kota Papua. Menikmati keindahan pemandangan di atas kilauan air, yang dapat membangkitkan keajaiban unik. Di utara Danau Sentani terdapat Pegunungan Cyclops dengan vegetasi hutan yang subur sebagai latar belakangnya, seakan dengan aman melindungi dua puluh empat desa di sekitar Danau Sentani. Penduduk di sini ramah dan kreatif, reputasi ukiran mereka di antara para pembuat kerajinan terbaik di tanah Papua.

Di sekitar Danau Sentani terdapat Pulau Asei, salah satu rumah seniman . Pulau Asei dikenal sebagai pembuat motif yang menarik yang dilukis di kain kulit kayu. Kain kulit kayu adalah pakaian tradisional untuk perempuan Sentani. Di antara motif-motif tersebut berbentuk spiral yang melambangkan pusaran Danau Sentani, ada buaya, ikan hiu todak atau ikan todak Sentani, serta motif gabungan yang ditemukan dalam Suku Asmat seperti simbol gading babi hutan, bipane dan tokoh-tokoh manusia Asmat.

Desa di sekitar Danau Sentani memiliki adat istiadat yang berbeda, namun berasal dari budaya umum sebagaimana ternyata dari keyakinan dan ritual yang sama. Isolo, misalnya, adalah upacara yang menyatukan perbedaan budaya di 24 desa di sekitar danau. Ini adalah upacara dipentaskan pada saat barang dikirim dari satu desa ke desa lain.

Jarak tempuh ke Danau Sentani adalah sekitar 45 menit ke arah barat dari kota Jayapura. Semua penerbangan mendarat dan lepas landas dari Bandara Sentani, terletak sekitar 40 kilometer dari Kota Jayapura. Mau kesana ? J

Please follow and like us: