Pendiri Formappi Sebastian Salang Maju Jadi Caleg Golkar

Kabar Daerah – Aktivis sekaligus pendiri lembaga Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Sebastian Salang maju menjadi calon legislatif DPR dari Partai Golkar. Sebastian akan maju dari daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur (NTT) I yang mencakup Alor, Flores, dan Lembata.

“Rencananya begitu. Saya sudah bicara ke teman-teman Formappi. Saya maju dengan Golkar dari NTT dapil I,” kata Sebastian kepada VIVA, Senin, 23 April 2018.

Bagi dia, keputusan ini sudah dipertimbangkan dengan matang. Menurutnya, tak mudah sebagai aktivis pengamat yang biasa mengkritisi lembaga parlemen, kini mencoba masuk menjadi bagiannya. Selain itu, ada dorongan dari beberapa pihak termasuk elite parpol yang menantangnya agar mencoba masuk jadi bagian DPR untuk membuat terobosan.

“Tidak mudah ya, orang seperti saya buat keputusan. Karena lembaga yang coba saya masuki, biasa saya kritik. Ada saran, daripada di luar sistem, kasih kritik, baiknya coba masuk ke dalam, memperbaiki dari dalam, apa yang mesti diperbaiki,” jelas Sebastian.

Sebastian juga ingin membuktikan keinginannya untuk maju jadi caleg meski tak memiliki kekuatan logistik dana. Ia pun menuturkan alasan memilih Golkar karena Partai Beringin di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto itu memberikannya kesempatan.

Terkait posisinya sebagai pendiri dan peneliti Formappi, ia sudah mengajukan pengunduran untuk sementara.

“Formappi tetap jalan. Saya kan hanya satu dari beberapa di Formappi. Saya mulai sekarang ini bicara bukan sebagai Formappi. Kenapa? Karena biar Formappi tetap independen, tetap kritis terhadap parlemen,” tutur Sebastian.

VIVA

Please follow and like us:

Add Comment