Pasar mama Papua Belum Bisa Beroperasi

Politisi Partai Golkar yang juga menjabat sebagai Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano mengatakan, hingga saat ini pengelolaan Pasar Mama Papua yang terletak di Jalan Percetakan Negara atau tepatnya di depan Hotel Aston Jayapura, belum bisa dioperasikan. “Saya sudah mengambil sikap bahwa itu tanggung jawab saya. Tinggal penyerahan dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Kota Jayapura,” kata Benhur di Grand Abe Hotel Jayapura, Senin (4/12/17).

Untuk bisa mengoperasikan Pasar Papua, yang merupakan bantuan dari Pemerintah Indonesia melalui Presiden Joko Widodo, sebelum diberikan maka tidak boleh dikelola secara langsung, karena menyalahi aturan. “Dasarnya mana untuk mengelola. Kan ada hibah dulu. Itu yang kami tunggu saat ini. Untuk hak ulayat, kami bukan bayar dengan uang tapi kami upayakan dengan menjadikan petugas kebersihan, parkiran untuk kami libatkan di pasar Mama Papua itu,” imbuhnya.

Masalah lahan, sementara ini sedang menunggu, apakah ditangani Pemerintah Kota Jayapura atau Pemerintah Provinsi Papua.  “Tidak ada masalah hanya tinggal menunggu hibah tanah dari pusat, kemudian mengatur itu dengan baik. Kami tetap melibatkan pengurus pasar Mama Papua yang sudah mengurus sebelumnya,” tambahnya.

Please follow and like us: