PASAR MALAM KAMPUNG SOLOR KOTA KUPANG

Menjelang malam tiba, sepenggal jalan di Kampung Solor Kota Kupang berubah fungsi menjadi pasar malam. Jalan tersebut dipenuhi oleh gerobak makanan yang menjual aneka sajian kuliner makanan dan minuman. Pasar malam buka setiap hari dari pukul 5 sore hingga pukul 12 malam. Siang hari, jalan tersebut merupakan jalan di depan kawasan pertokoan yang menjual aneka kebutuhan sehari-hari bagi warga sekitar. Lokasinya masih berada di kawasan Pecinan Kota Kupang. Beragam ikan dan makanan laut yang dijual di Pasar Malam Kampung Solor Kota Kupang.

Kita akan disambut oleh aroma asap yang keluar dari bakaran ikan dan hewan laut lainnya seperti cumi, kepiting, udang, dan kerang jika masuk lebih jauh lagi ke dalam Pasar Malam Kampung Solor Kota Kupang. Asap mengepul menambah kental suasana pasar malam. Sebenarnya banyak makanan khas Kota Kupang yang dapat dicicipi dan dinikmati seperti tumis bunga pepaya, daging Sei (daging asap dari sapi atau babi), dendeng dan abon Kupang yang dibuat tanpa campuran bawang, sambal luat (sambal dengan cita rasa asam yang sangat kuat), jagung bose (jagung pipil rebus berkuah yang dihidangkan dan dimakan saat masih hangat), maupun beragam kuliner ikan khas Kupang lainnya. Belum lagi ditambah dengan aneka cemilannya, seperti emping jagung yang renyah dan gurih,kerupuk paru, aneka cemilan kacang mete, dan lain sebagainya.

Gerobak-gerobak berderet di sepanjang jalan. Bangku dan meja kecil sederhana tertata mengundang pengunjung untuk mampir. Bagi yang tidak suka ikan atau memiliki alergi terhadap makanan laut lainnya, tersedia pula beragam makanan lainnya. Ikan yang dijajakan ditata berjejer dan kita tinggal memilih ikan yang diinginkan untuk kemudian diolah sesuai permintaan. Bisa digoreng, direbus,dibakar, atau dibumbui dan dimasak dengan cara lainnya. Tidaak perlu khawatir masalah harga, masih dalam taraf yang wajar. Yang menarik, selain aneka kuliner olahan laut,banyak pula kuliner lain yang tidak ada hubungannya dengan kekhasan Pulau Timor. Hampir sebagian besar merupakan kuliner khas dari Pulau Jawa.

Kita dapat dengan mudah menemukan kios yang menyajikan ayam bakar atau goreng, nasi pecel,tempe penyet, soto ayam, mie bakso, mie ayam, nasi campur, pecel lele, dan ragam kuliner khas Jawa lainnya. Tidak perlu heran pula bila para penjualnya bukan penduduk asli Kota Kupang. Banyak penjual makanan olahan ikan maupun makanan lainnya yang berasal dari Pulau Jawa, umumnya Jawa Timur. Raut wajah pedagangnya tidak menggambarkan tipikal penduduk asli Pulau Timor. Bahasa yang digunakan pun sebagian masih Bahasa Jawa. Mau coba ?  doranginfo.com

Please follow and like us: