Panglima TNI Akan Resmikan Brigif Kostrad

Kabar Daerah – Pembangunan markas komando Brigade Infanteri (Brigif) Konstrad berlokasi di Sorong, Papua Barat akan segera dilakukan. Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau mengatakan, direncanakan peletakkan batu pertama pembangunan markas komando sekaligus peresmian berdirinya Brigif Kostrad dilakukan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pada 2-3 Mei 2018. “Rencana tanggal 2 dan tanggal 3 bulan depan (Mei) kalau tidak ada perubahan, itu mau diresmikan berdirinya langsung oleh Panglima TNI di Sorong,” ujar Pangdam kepada wartawan di kantor BPK RI Perwakilan Papua Barat.

Brigif yang ada di Sorong nanti merupakan bagian dari Divisi III Kostrad di Kawasan Timur Indonesia (KTI) bermarkas di Gorontalo. “Jadi, salah satu Brigifnya ada di Sorong,” tutur Pangdam. Selain peletakkan baru pertama pembangunan markas komando Brigif Kostrad, Panglima TNI juga nanti akan meresmikan berdirinya Armada Kawasan Timur. Sudah ada dua Armada, dan akan ditambah satu berkedudukan di Sorong.”Kalau tidak ada halangan, tanggal 2 dan 3 Mei Armada Kawasan Timur juga akan diresmikan di Sorong,” imbuhnya. Menurut Pangdam, yang menjadi panitia penyelenggara peresmian berdirinya Armada Kawasan Timur berdudukan di Sorong adalah personel Koarmatim Surabaya. “Pembangunan markas komandonya setelah proses itu (peresmian). Mungkin juga, pembangunanya dilakukan setelah lahannya sudah clear,’’ ujar Pangdam.

Rencana lokasi lahan markas komando Brigif Kostrad telah ditinjau Panglima TNI dalam kunjungan di Sorong belum lama ini. Luas lahan 250 hektar. “Bangun markas Brigade dan semua fasilitas. Itu rencana, kita masih dalam proses penyiapan lahan,” tutur Pangdam. source

Please follow and like us:

Add Comment