Menteri PUPR Sedih GBK Dirusak Usai Final Piala Presiden

OLAHRAGA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengaku sedih saat mengetahui kerusakan pada Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Kerusakan terjadi setelah berlangsungnya partai final Piala Presiden 2018 yang mempertemukan Persija Jakarta dengan Bali United pada Sabtu 18 Februari 2018. “Kemarin pas kejadian saya ada di Jogja. Pas lihat Medsos saya nangis betul yah, bukan apa-apa, karena ini perjuangan kita memperbaiki ini dan meyakinkan OCA (Olympic Council of Asia) dalam rangka menyelenggarakan Asian Games,” ujarnya, usai meninjau langsung Stadion GBK, di Jakarta, Senin (19/2/2018). Basuki memaparkan, OCA awalnya tidak percaya bahwa Indonesia bisa merenovasi kawasan Stadion GBK, untuk menjadi tempat penyelenggaraan Asian Games 2018. “Tapi (setelah) kita sudah siang malam dikerjakan, disajikan untuk masyarakat Jakarta dan Indonesia, khususnya OCA yakin bahwa kita mampu,” ujarnya.

Menurut Basuki, pihaknya sudah padti akan bertanggung jawab atas segala kerusakan. Namun, bukan hal tersebut yang menjadi sorotan. Kejadian rusaknya Stadion GBK ini, kata Basuki, menjadi pelajaran, karena masih ada beberapa event internasional lain yang bakal dihelat di GBK sebelum Asian Games dimulai. “Masih ada final AFC 3 kali, khawatir, jangan-jangan (kerusakannya) lebih besar lagi. Tapi ini pelajaran buat kita kenapa penyebabnya, saya menghimbau saja jangan dilakukan itu, walaupun kerusakan apapun pasti kita perbaiki. Tapi jangan begitu, pengennya lebih baik,” tuturnya.

Sebelumnya, panitia pengarah atau Steering Committee (SC) Piala Presiden 2018 berjanji mengganti semua kerusakan yang terjadi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Kerusakan ini diketahui terjadi setelah berlangsungnya partai final Piala Presiden 2018 yang mempertemukan Persija Jakarta dengan Bali United di SUGBK pada Sabtu 18 Februari 2018. “Kami dari SC bertanggung jawab. Nanti tinggal didata mana saja yang rusak, kami akan menyelesaikannya. Berapa pun nilainya, kami akan ganti,” ujar Ketua SC Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait, di SUGBK, Senayan, Jakarta, Sabtu 17 Februari 2018 malam.

Partai final Piala Presiden 2018 yang mempertandingkan Persija versus Bali United memang menyisakan kerusakan di beberapa bagian stadion. Salah satunya adalah pagar pembatas antara penonton dan lapangan yang hancur setelah oknum The Jakmania (julukan suporter Persija) memaksa masuk untuk merayakan kemenangan timnya.

Please follow and like us: