Meningkatkan Kapasitas Politik Perempuan Papua

POLITIK – Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Provinsi Papua menggelar pelantihan peningkatan kapasitas politik bagi perempuan bakal calon anggota legislatif (caleg) pada pemilu 2019 di Kota Jayapura, Rabu, 11 Juli 2018.

Asisten Bidang Pemerintahan Sekda Papua, Doren Wakerkwa saat bacakan sambutan Gubernur Papua

Asisten Bidang Pemerintahan Sekda Papua, Doren Wakerkwa mengatakan, kegiatan ini sangat bagus dengan merangkul semua perempuan Papua yang punya kemampuan dan profesional untuk menjadi anggota DPR-RI dan DPR Provinsi Papua dan Kota Jayapura.

“Kegiatan ini untuk penguatan kapasitas calon anggota legislatif. Dengan begitu kami pemerintah Provinsi Papua mengharapkan perempuan Papua bisa bangkit, perempuan hak berbicara tentang pemerintahan, tentang perekonomian Papua,” katanya usai membuka kegiatan, Rabu, 11 Juli 2018.

Doren juga mengatakan, rendahnya keterwakilan perempuan juga berdampak pada rendahnya kapasitas representasi perempuan. Sebab kenyataanya, masih sedikit perempuan yang memegang tumpuk kepemimpinan di jabatan-jabatan publik di negeri ini dan tentu ini adalah persoalan yang perlu dibenahi negara.

“Kita tentu berharap melalui pelatihan penguatan kapasitas ini, para kaum perempuan yang ingin maju pada caleg 2019 mendatang, mereka nanti mendapatkan pelajaran tentang tata cara dan strategi bagaimana sistem demokrasi dan kuota 30 persen secara nasional khusus di Papua. Sehingga pada pileg nanti keterwakilan perempuan itu ada jangan sampai hanya didominasi kaum laki-laki,” tutup Doren.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Provinsi Papua, Anike Rawar mengatakan, semakin banyak perempuan dalam dunia politik akan lebih memungkinkan perempuan memainkan peranya. “Dalam menempatkan kebijakan dasar tentang pemberdayaan perempuan dalam proses pengambilan keputusan,” ujarnya.

Please follow and like us:

Add Comment