5 Manfaat Sayur Kangkung Untuk Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Sayur Kangkung Untuk Kesehatan Tubuh – Kangkung, sayuran yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, kangkung yang memiliki nama ilmiah Ipomoea aquatica merupakan salah satu jenis tumbuhan yang masuk ke dalam kategori sayur – sayuran yang bisa dikonsumsi oleh manusia. Kangkung sendiri merupakan jenis tumbuhan yang banyak dijumpai di kawasan Asia dan banyak tumbuh di lingkungan yang berair, selain itu jenis sayuran ini juga bisa dengan mudah Anda temukan di pasar – pasar.

Tanaman kangkung memiliki ciri yakni tumbuh di lingkungan yang berair, memiliki daun yang licin dengan bentuk seperti mata panah, serta batangnya yang berongga. Tanaman kangkung sendiri merupakan salah satu tanaman yang banyak dibudidayakan di Indonesia, hal ini dikarenakan permintaan kangkung yang cukup tinggi sebagai bahan sayuran untuk berbagai masakan. Kangkung memang biasa diolah menjadi berbagai hidangan yang rasanya lezat, selain itu ternyata jenis sayuran yang satu ini juga memiliki berbagai manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh.

5 Manfaat Sayur Kangkung Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Mengatasi Insomnia

Manfaat pertama yang bisa Anda rasakan apabila mengkonsumsi kangkung yakni bisa digunakan untuk mengatasi insomnia, hal ini disebabkan kangkung memiliki kandungan unsur sedatif yang mana akan mampu membuat orang menjadi mengantuk dan tertidur dengan pulas. Kangkung sendiri memiliki kandungan zinc dan selenium yang akan mampu mengendurkan syaraf yang tegang sehingga membuat tubuh menjadi rileks.

  1. Mengatasi Anemia

Manfaat kedua yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi kangkung adalah bisa mengatasi anemia sehingga bagi Anda yang menderita anemia maka Anda sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kangkung. Kangkung sendiri merupakan salah satu sayuran yang kaya akan kandungan zat besi yang mana akan sangat berperan penting dalam meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh.

  1. Mengatasi Sembelit

Apabila Anda sedang mengalami masalah susah buang air besar atau biasa disebut sebagai sembelit maka Anda sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kangkung. Sayuran yang satu ini memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga akan sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan dan juga akan mampu mengatasi dan melancarkan buang air besar jika dikonsumsi dengan rutin.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat keempat yang juga bisa Anda rasakan jika mengkonsumsi kangkung adalah bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kangkung sendiri ternyata memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga akan mampu meningkatkan imun atau sistem kekebalan tubuh dan akan membantu melawan berbagai penyakit, bahkan vitamin C pada kangkung lebih tinggi dibandingkan beberapa jenis buah – buahan.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Mengkonsumsi kangkung secara rutin dalam jumlah yang cukup juga akan memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan kangkung memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A sendiri memiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan mata yang akan menangkal radikal bebas dan juga akan mampu mencegah penyakit katarak.

Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, selain itu kangkung juga memiliki berbagai macam khasiat bagi kesehatan.

 

Please follow and like us: