Manfaat Sayur Jengkol

5 Manfaat Sayur Jengkol Yang Harus Diketahui – Jengkol, tentunya Anda sudah mengenal jenis tanaman yang satu ini, jengkol sendiri merupakan jenis tumbuhan yang termasuk ke dalam suku polong – polongan. Jengkol juga merupakan salah satu tumbuhan khas dari kawasan Asia Tenggara yang banyak digemari oleh masyarakat sebagai salah satu bahan masakan, tanaman yang satu ini memiliki banyak nama anatara lain jering di Malaysia, da nyin thee di Myanmar, serta luk neang di Thailand, bangsa barat menyebut jengkol sebagai dog fruit.

Tanaman jengkol memiliki ciri yaitu buahnya yang berupa polong dengan bentuk gepeng yang berbelit membentuk spiral dengan warna lembayung tua, biji buahnya memiliki kulit ari yang tipis dengan warna cokelat. Selain itu jengkol memiliki ciri yang sangat khas yakni aromanya yang tidak sedap, meskipun demikian jengkol menjadi salah satu makanan favorit bagi banyak orang di Indonesia. Jengkol juga ternyata memiliki kandungan vitamin dan juga mineral yang sangat baik dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh, di bawah ini ulasannya.

5 Manfaat Sayur Jengkol Yang Harus Diketahui

  1. Pembentukan Jaringan Tubuh

Manfaat jengkol yang pertama harus Anda ketahui adalah jengkol akan bisa membantu proses pembentukan jaringan tubuh, hal ini dikarenakan jengkol memiliki kandungan protein yang sangat tinggi sehingga akan berperan penting dalam membantu pembentukan jaringan tubuh. Selain itu ternyata kandungan protein yang ada di dalam jengkol lebih tinggi dibandingkan kacang hijau.

  1. Mencegah Osteoporosis

Manfaat kedua yang juga bisa Anda peroleh jika mengkonsumsi jengkol adalah mampu mencegah osteoporosis, hal ini dikarenakan selain memiliki kandungan protein dan zat besi ternyata jengkol juga kaya akan kandungan fosfor dan juga kalsium yang mana akan bisa mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis jika Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan.

  1. Menjaga Kesehatan Janin

Manfaat ketiga yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi jengkol yakni bisa menjaga kesehatan janin, hal ini dikarenakan jengkol mengandung kalsium dan juga fosfor dalam jumlah yang tinggi sehingga akan membantu perkembangan tulang dan gigi pada janin yang masih berada di dalam kandungan. Selain itu, jengkol juga ternyata mengandung asam folat yang bisa membantu fungsi organ vital.

  1. Mengatasi Sembelit

Apabila Anda termasuk orang yang sering mengalami masalah sembelit atau susah buang air besar maka Anda bisa mengkonsumsi jengkol, hal ini dikarenakan jengkol memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga akan mampu untuk melancarkan buang air besar. Selain itu kandungan serat yang tinggi pada jengkol juga akan sangat baik bagi saluran pencernaan.

  1. Mencegah Penyempitan Pembuluh Darah

Manfaat kelima yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi jengkol adalah bisa mencegah penyempitan pembuluh darah, para penderita penyakit jantung pada umumnya akan mengalami penyempitan pembuluh darah yang akan mengakibatkan aliran darah menuju ke jantung menjadi halus. Jengkol sendiri ternyata memiliki kandungan mineral yang bisa melebarkan pembuluh darah.

Jengkol merupakan salah satu makanan yang digemari oleh banyak orang di Indonesia, ternyata jengkol juga memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan.

Please follow and like us: