Ketua Golkar NTT Dampingi Victory-Joss Berkunjung Ke Sumba Timur

KABAR DAERAH – Rombongan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Viktor Bungtilu Laiskodat dan Josef Nae Soi bergerak dari kota Waingapu menuju arah Melolo. Rombongan ini menuju sebuah kampung adat, namanya Praiyawang. Kampung Praiyawang terletak di Desa Rindi, Kecamatan Rinci Kabupaten Sumba Timur. Disana makam mendiang Umbu Mehang Kunda berada. Dia bukan Cuma mantan Bupati Sumba Timur atau Mantan Anggota DPR RI, tapi juga tokoh besar di negeri sejuta kuda, Pulau Sumba. Namanya harum sepanjang sabana di pulau yang terkenal dengan kuda sandalwood itu.

Bagi Viktor Laiskodat, sosok Umbu Mehang Kunda adalah panutan yang dianggap sebagai kakak. Hubungan yang demikian erat itulah yang membuat Viktor Laiskodat harus menempuh jarak 69 kilometer dari Kota Waingapu ke kampung Pariyawang untuk bersiarah dimakam tokoh yang kini namanya diabadikan sebagai nama bandar Udara di Sumba Timur itu. Setelah satu jam berkendara dengan kecepatan rata-rata 60 kilometer per jam, akhirnya rombongan tiba di kampung Praiyawang. Pasangan yang dikenal dengan sandi politik Paket Victory-Joss ini didampingi Bupati Sumba Timur, Gideon Mbilijoera, Wakil Bupati Sumba Timur, Umbu Lili Pekuwali, Ketua DPW Nasdem NTT, Jacky Uly, Ketua DPD I Golkar NTT, Melki Laka Lena dan sejumlah pengurus partai dan rombongan Victory-Joss.

Viktor Laikodat langsung turun menuju rumah dimana makam mendiang Umbu Mehang Kunda berada. Disana kerabat Mehang Kunda menyambut Viktor dengan hangat. Mereka mengalungi dia dengan kain adat Sumba. Seperti di rumah sendiri Viktor kemudian mengajak rombongan untuk duduk di degu-degu rumah adat sambil menikmati suguhan sirih pinang dari tuan rumah. Tak lebih dari sepuluh menit, dua orang pria kemudian datang dengan memikul seekor babi dan diletakkan di depan makam Mehang Kunda. Babi itu disembelih kemudian Viktor meletakkan Sirih dan Pinang diatas pusara Mehang Kunda. Hal yang sama juga oleh Josef Naisoi. Keduanya pasangan calon pemimpin NTT itu terlihat khusuk di depan makam sahabat yang mereka cintai.

Pada  kesempatan tersebut Viktor berkisah bahwa Umbu Mehang Kunda adalah sosok panutan yang sangat dia hargai. Tidak hanya itu, Viktor mengaku memiliki kedekatan yang kuat dengan Mehang Kunda. Itulah alasan kenapa dia mengangap Sumba Timur adalah rumahnya yang kedua. Saking dekatnya kedua sosok ini,Viktor pernah berjanji bahwa sekalipun Mehang Kunda telah tiada dia akan datang untuk nyekar di kuburan sang legenda itu. “Almarhum adalah sosok yang sangat saya hargai. Saya sudah berjanji bahwa setiap kali saya ke Sumba Timur saya akan datang mengunjungi makamnya. Kedekatan itulah yang membuat saya menjadikan Sumba Timur sebagai rumah kedua saya,” kata Viktor. Viktor kemudian mengunjungi sebuah rumah yang katanya adalah ruah tua dan baru saja direnovasi. Disana Viktor menyapaikan kepad kerabat Umbu Mehang Kunda bahwa dia akan bertarung di Pilgub NTT pada 27 Juni 2018 nanti. Dia tak lupa memohon doa dan dukungan dari semua warga kampong Praiyawang sebelum dia kembali ke Kota Waingapu.

Please follow and like us: