Ikut Calon Ketua KNPI, George Kaiba Mundur dari Partai Golkar

Kolom – Ingin fokus dalam mengurus organisasi kepemudaan, George Kaiba, SE dengan tegas menyatakan diri mundur dari Partai Golkar, karena ia ikut mencalonkan diri sebagai Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Probinsi Papua, periode 2018-2021.

Alasan George Kaiba mundur dari kepengurusan Partai berlambang pohon Beringin ini, lantaran ingin fokus mencalonkan diri sebagai Ketua DPD KNPI Papua, dan ingin menjaga netralitas indepensi KNPI sebagai wadah berhimpun pemuda.

“Saya izin mundur dari parpol Karen untuk mennjaga integritas KNPI. Sebagai calon ketua KNPI tentu saya turun dan perlu bangun komunikasi dengan semua elemen pemuda yang ada, agar saya bisa diterima di semua elemen kepemudaan. Dan salah satu langkah bagaimana saya ambil sikap independen karena KNPI ini adalah wadah independen. Ini untuk menjaga netralitas KNPI, sehingga saya sebagai calon ketua KNPI, nyatakan diri ijin untuk mundur dari Partai Golkar, ” tegas George Kaiba kepada Wartawan di salah satu Hotel di Kota Jayapura, Selasa (2/10/18).

Sebab jelas George, ia ingin konsen urus pemuda dan akhirnya ia mengambil sikap itu. Sehingga kedepan ia berharap dalam pencalonannya ini dapat berjalan dengan baik, dant idak ada halangan, rintangan dalam bursa pencalonan Ketua KNPI Papua.

“Jadi ini konsen murni untuk mengurus pemuda tanpa ada kepentingan-kepentingan lain maupun terikat dengan kepengurusan partai.

George berharap, dalam proses pemilihan dalam mengikuti pertarungan penconan sebagai Ketua KNPi ini, dirinya dapat diterima oleh semua kalangan. Itu maksud tujuan ia mengundurkan diri dari DPD Partai Golkar.

“Visi misi saya memajukan pemuda ke depan, saya ingin pemuda Papua dalam menjalankan tugas fungsi sebagai generasi muda bisa menjaga nasionalisme dan kebhinekaan di Papua ini,”ucapnya.

Apalagi kata George, dalam situasi hari ini khususnya generasi muda yang ada di kampus dan aktivis-aktivis pergerakan kepemudaan ini, saya ingin agar nilai-nilai idelogi kebangsaan itu, apa pun yang dikerjakan itu jangan keluar dari kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Visi dan misi yang saya bawa untuk kemajuan pemuda di Papua lewat KNPI dalah membangun kemandirian pemuda memuju generasi emas Papua yang bangkit, mandiri dan berkeadilan, ” ujar George Kaiba.

Bahkan ia ingin memberikan motivasi kepada generasi muda yang ada di Papua ini. Juga memberikan ruang yang cukup buat generasi muda untuk bisa berkarya lewat lembaga KNPI ini.

“KNPI juga sebagai fasilitator bagi generasi muda yang ada di Papua khususnya di kampus dan pemuda petani juga pemuda yang bergerak di nelayan dan lain-lain, sehingga mereka juga bisa mendapat ruang untuk mereka bisa berkarya. Dalam arti perhatian dari pada program-program yang akan saya lakukan,” jelasnya.

Namun salah satu program utama George yakni KNPI back to Kampus. Bagaimana KNPI menjadi fasilitator merekrut kader muda yang baru masuk kuliah agar mengerti tentang kepemudaan, karena ketika mereka baru masuk kuliah di kampus masih kosong, sehingga perlu diisi dengan hal-hal yang baik sehingga generasi muda di kampung akan lahir generasi emas yang kreatif dan inovatif yang bisa bersaing dengan saudara-saudaranya non-Papua.

“Ini maksud konsep saya membangun generasi Papua emas. Yang tak takut tantangan, tapi bersaing secara sehat karena punya kemampuan, bukan karena UU Otsus,” ungkapnya.

Selain itu ujarnya, dalam AD/ART, KNPI merupakan lembaga indepen dan ketika seseorang mencalonkan diri sebagai ketua KNPI, harus benar-benar independen agar lembaga ini tetap netral menjaga marwah KNPI dan menyiapkan kader bangsa yang negarawan tidak berpikir untuk kepentingan politik.

“Fungsi KNPI itu di situ, tidak terlibat politik atau kepentingan kelompok. Jadi saya ingin menjaga wibawah lembaga ini. Siapa pun pimpinannya, harus benar-benar netral,” tandas George.

Diakui, dalam persaingan di KNPI, kali ini memang sangat ketat, tapi George Kaiba tetap optimis memenangkan KNPI Papua dalam memperebutkan kursi momor satu di KNPI Provinsi Papua.

Sementara Abdul Muis Iba, Ketua DPD Garuda Emas Papua mengatakan, ini memang harapan pihaknya bersama. Dan ini semua tergantung semua tim. KNPI ke depan ini memang harapan semua pemuda Papua dan pihaknya bersama beberapa OKP pendukung optimis dan akan bekerja keras menangkan George Kaiba sebagai ketua KNPI.

Di tempat yang sama, Ketua DPD Angkatan Muda Demokrat Indonesia (DPD-AMDI) Papua, Robert Amsamsium mengatakan, sebagai OKP pengusung apa yang disampaikan calon ketua benar adanya. Tidak melihat kekurang masa lalu, tapi melihat ke depan, dan bagaimana mengambangkan pemuda ke depan

Selain dua organisasi itu, pencalonan George Kaiba juga didukung OKP yang tergabung dalam kelompok Cipayung yakni GMKI, HMI, PMKRI, PMII, GMNI dan Forum Komunikasi Mahasiswa Papua (FKMP) yang diketuai Meky W. Rawakay.

Rawakay menambahkan, jika pihaknya mendukung sikap George Kaiba yang menunjukkan kesiapannya sebagai calon ketua KNPI.

“Memang harus ada komitmen seorang kandidat. Beliau juga sebagai kader KNPI tentu paham itu. George Kaiba maju bukan hanya mewakili Saireri tap ijuga pemuda dari lima wilayah adat di Papua dan pemuda Indonesia di seluruh nusantara,” pungkasnya. source

Please follow and like us:

Add Comment