Golkar Dipastikan Tidak Ada Caleg Di Kab.Halbar

Kabar Daerah – Partai Golongan Karya (Golkar), dipastikan tidak ada Calon Legislative di Kabupaten Halmahera Barat. Pasalnya, Daftar Calon Sementara (DCS) dari Partai Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) versi Samad Hi Moid tidak memenuhi persyaratan saat pleno DCS oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Minggu (12/8).

KPU saat pleno menetapkan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) daftar Caleg yang di ajukan Samad HI Moiid, karena hanya berjumlah 8 orang Caleg. Yakni pada Wilayah Dapil I atau wilayah Pilih Jailolo dan Jailolo Selatan hanya terdaftar sebanyak satu orang pada nomor urut 1. Samad Hi Moid dan nomor urut 2 sampai 11 tidak ada daftar Caleg.

Sementara pada wilayah dapil II atau wilayah pilih kecamatan Sahu, Sahu Timur, dan Ibu Selatan, hanya 5 orang Caleg yang terdaftar. Sedangkan Dapil III atau wilayah pilih kecamatan Ibu, kecamatan Tubaru, dan Loloda hanya satu orang caleg dari total tujuh Caleg 7 orang.

Pleno DCS yang berlangsung di Aula KPU Kab.Halbar itu nyaris ricuh. Karena daftar Caleg dari Golkar versi Ketua DPD II Ahmad Zakir Mando tidak dibacakan KPU saat pleno tersebut.

KPU menyebut Caleg versi Ahmad Zakir Mando, tidak memenuhi syarat, Karena KPU berdasar SK Samad Hi Moid yang miliki otentifikasi dari DPP Partai Golkar. Padahal daftar caleg milik Ahmad Zakir Mando lengkap 25 orang.

“Caleg Golkar versi Samad HI Moid tidak penuhi Syarat Dapil I, II dan III, Karena Caleg hanya 6 orang. Dan Caleg Golkar versi Ahmad Zakir Mando sebanyak 25 orang tidak bisa dibacakan saat pleno DCS karena tidak miliki ontifikasi dari DPP sebagaimana milik Golkar versi Samad.” Ujar Ketua KPU Abjan Raja.

Sementara Sejumlah Caleg versi Ahmad Zakir Mando pada saat pleno tersebut meniai KPU mengambil keputusan sepihak yang mengorbankan 25 Caleg, Meski telah mendaftar sesui mekanisme. Dengan itu, berita acara hasil pleno DCS akan digugat karena caleg versi Ahmad Zakir Mando sebanyak 25 orang telah mengikuti sesuai mekanisme yang diatur dalam PKPU.

“Keputusan KPU bukan keputusan berdasar aturan. Maka itu, torang tetap konsisten maju menggugat dan tidak akan bergabung ke Samad Hi Moid.”Kata Irwan Muksin salah satu Caleg Golkar versi Ahmad Zakir Mando di pleno DCS.

source

Please follow and like us:

Add Comment