Gelar Laga Persahabatan, IPSI Kota Desak Pelantikan Pengprov Papua

OLAHRAGA – Sejak Musyawarah Provinsi (Musprov) pada 16 Desember 2017 hingga kini, Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Papua belum juga dilantik. “Sejak Desember lalu Pengurus Provinsi sudah terbentuk dan diketuai oleh Abisay Rollo (Plt.Ketua DPRD Kota Jayapura) namun SK Pelantikan oleh PB IPSI Pusat belum ada sampai sekarang,” kata Kandacong ST, Bagian Pembinaan Prestasi IPSI Kota Jayapura kepada Lingkar Papua di sela – sela laga persahabatan pencak silat se-Jayapura Raya, di Abepantai, Minggu (25/2/2018). Tanpa SK tersebut menurut Kandacong, ST akan mempengaruhi kesiapan IPSI untuk kegiatan persiapan suksesi PON Papua XX tahun 2020 mendatang. “Bagaimana kita bisa menggelar Musyawarah Kota (Muskot) dan Musyawarah Kabupaten (Muskab) kalau SK Pelantikan Pengurus Provinsi sebagai legalitas belum ada, nanti siapa yang akan tandatangan kalau digelar Muskot dan Muskab itu,” ucapnya.

Atas hal itu, dirinya meminta semua pihak untuk bersama-sama menyelesaikan dan segera mendapatkan SK pelantikan dari IPSI Pusat. Karena tanpa itu, rangkaian persiapan PON untuk IPSI terhambat. “Supaya segera dilakukan Muskot dan Muskab dan segera dilakukan persiapan menuju PON XX Papua tahun 2020. Terkait kesiapan atlit, kesiapan perangkat pertandingan sehingga sukses pertandingan sukses prestasi dan sukses pelaksanaan,” ucapnya. Sementara, menyoal laga persahabatan tersebut, diikuti pesilat-pesilat yang tergabung dalam tujuh perguruan di Jayapura Raya, meliputi Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom.
Kandacong mengaku jika laga diperuntukkan selain untuk mempererat persaudaraan, juga untuk latihan wasit juri yang telah menerima pelatihan dari PB IPSI Pusat. “Ini untuk mengingatkan dan membangkitkan kembali kepada semua akan pentingnya waktu dan persiapan. Sebelumnya sejak tanggal 16-18 Februari kemarin, 3 juri dari Kota Jayapura telah mendapatkan pelatihan langsung di Jakarta oleh PB IPSI termasuk pemantapan di GOR Waringin,” terangnya.

Laga persahabatan yang dilakukan di base Perguruan Naga Hitam Kota Jayapura itu diikuti oleh Perguruan Naga Hitam, Tapak Suci, Persaudaraan Setia Hati Teratai, Naga Emas, Perguruan Silat Nasional (persinas) ASAD dan PORSIGAL (Pendidikan Olah Raga Silat Indah Garuda Loncat).

Please follow and like us: