Bantuan Untuk Asmat Telah Tiba Di Mimika

KABAR DAERAH – Bantuan untuk Asmat yang dibawa KN Tanjung Datu-1101 telah tiba di  Dermaga Amamapare, Kabupaten Mimika, Papua, Senin (2/4). Di dermaga tersebut, Komandan Satuan Tugas Operasi Dalam Negri Nusantara-1, Letkol Laut (P) Asep Budiman menyerahkan secara simbolis bantuan sosial Asmat kepada Kepala Bidang Operasi Zona Maritim Timur Bakamla RI Letkol Laut (P) Siswo Widodo.

Keduanya kemudian menandatangani naskah berita acara penyerahan bansos dari Arta Graha Peduli ke Dansatgas Nusantara-1 kemudian penandatanganan dari berita acara penyerahan dari Komandan Satgas kepada Kabidops Zona Maritim Timur.  Rencananya,  bantuan yang dimuat KN. Tanjung Datu-1101 akan dipindahkan ke KM. Sirimau dari Pelabuhan Timika menuju Pelabuhan Agats, Kabupaten Asmat, Jumat (6/4). KM. Sirimau diperkirakan menempuh perjalanan lintas laut dari Timika ke Asmat selama kurang lebih delapan jam. “Sudah ada relawan dari anggota Pos Angkatan Laut Agats, Dinas Sosial dan personel Taruna Tanggap Bencana (Tagana) setempat, yang akan membantu proses pergeseran material di Pelabuhan agats dari KM. Sirimau ke darat,” kata Siswo Widodo dalam keterangan tertulis yang dikirim Bakamla RI.

Pada kesempatan itu, Kepala Zona Maritim Timur Bakamla RI Vetty Vionna Salakay dan Letkol Siswo Widodo memastikan akan mengawal logistik bansos hingga diserahkan secara langsung kepada Pemerintah Kabupaten Asmat. Adapun bantuan yang diangkut dalam kapal ini adalah obat-obatan dari Kemenkes sebanyak 20 koli. Ada juga bantuan dari Artha Graha Peduli berupa 4.000kg beras, 6.000 bungkus mie instan, 2.000 kg gula, 2.000 lembar kantong AGP, 500 buah celana training serta 500 buah kaos. Selain itu, ada juga bantuan dari pemerintah daerah Maluku.

 

source

Please follow and like us: