4 Cagub Maluku Utara Saling Klaim Paling Layak Memimpin

Kabar Daerah – Debat terbuka Cagub-Cawagub Maluku Utara (Malut) 2018 yang disiarkan langsung iNews TV, Kamis (10/5/2018) pukul 19.00 WIB berlangsung seru. Empat kandidat gubernur saling mengklaim paling bisa membangun Provinsi Maluku Utara.

Masing-masing calon menyampaikan ide, gagasan, pemikirannya terkait tata kelola pemerintahan, pelayanan publik dan kesejahteraan rakyat. Kehadiran pendukung dari keempat calon pun menambah hangat suasana debat tersebut.

Pada debat ini, KPU Maluku Utara menghadirkan empat pasangan calon (paslon) gubernur. Di antaranya, nomor urut 1 Ahmad Hidayat Mus dan Rivai Umar (AHM-Rivai), nomor urut 2 Burhan Abdurahman dan Ishak Djamaludin (Bur-Jadi), nomor urut 3 Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin Ali (AGK-YAN), serta nomor urut 4 Muhammad Kasuba dan Madjid Husen (MK-MAJU).

Di segmen terakhir debat calon gubernur kedua ini, masing-masing calon menyatakan dirinya paling bisa membawa masyarakat Malut lebih maju dan sejehatera. Seperti Calon Nomor urut 1 Ahmad Hidayat Mus dan Rivai Umar (AHM-Rivai) menegaskan bahwa mereka mempunyai kemampuan membawa Maluku Utara lebih baik. “Kartu sehat akan memberikan kesejahteraan untuk masyarakat Maluku Utara,” kata Ahmad Hidayat Mus disambut riuh pendukungnya.

Kemudian, calon nomor urut 2 Burhan Abdurahman dan Ishak Djamaludin (Bur-Jadi) menyatakan, jika masyarakat memberikan kepercayaan, pihaknya bertekad akan memimpin dengan amanah. “Kami akan mencetak 100 dokter dalam lima tahun. Kami juga akan membangun sektor pertanian. Bagaimana menciptakan ketahanan pangan,” tandas Burhan Abdurahman.

Calon nomor urut 3 Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin Ali (AGK-YAN) juga tidak mau kalah. Pasangan ini menyatakan dirinya paling layak memimpin Maluku Utara. “Kami juara karena 11 penghargaan telah kami terima. Infrastruktur juga telah kami benahi. Kami juara dan kami bermartabat. Kami tidak pernah dikatakan amburadul dalam mengelola pemerintahan,” kata Abdul Gani Kasuba dengan suara lantang.

Terakhir, calon nomor urut 4 Muhammad Kasuba dan Madjid Husen (MK-MAJU) mengatakan bahwa kampanye mereka paling santun dan tidak pernah menghujat. “Kami juga punya lasan kenapa kami harus dipilih. Kami bersih tanpa korupsi,” pungkas Muhammad Kasuba.

Ketua KPU Maluku Utara Syahrani Somadayo mengatakan, debat terbuka yang kedua ini diharapkan bisa menyuguhkan sesuatu yang baik dari debat yang pertama. “Kita Harus tunjukkan kepada Indonesia bahwa Maluku Utara adalah daerah berbudaya dan saling menghargai satu sama lain,” katanya.

Untuk diketahui, paslon nomor urut 1 Ahmad Hidayat Mus dan Rivai Umar (AHM-Rivai), diusung Partai Golkar dan PPP dengan total 9 kursi. Paslon nomor urut 2 Burhan Abdurahman dan Ishak Djamaludin (Bur-Jadi) diusung enam parpol yaitu Partai NasDem, Partai Hanura, PKB, PBB, Partai Demokrat, dan PKPI dengan total 18 kursi.

Kemudian, Paslon nomor urut 3 Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin Ali (AGK-YAN) diusung PDI-P dan PKPI dengan total 9 kursi. Paslon nomor urut 4 Muhammad Kasuba dan Madjid Husen (MK-MAJU) mengantongi 11 kursi yang diusung dari Partai Gerindra, PKS, dan PAN. source

Please follow and like us:

Add Comment