MAKANAN KHAS NUSA TENGGARA TIMUR

Makanan Khas NTT, Kepo ? penasaran ? yuk ah cekidot..

mari kita bergesar ke arah timur dan membahas makanan khas Nusa Tenggara Timur atau yang biasa di singkat menjadi NTT.

Berbeda halnya dengan Nusa Tenggara Barat (NTB), NTT memiliki makanan yang khas tersendiri yang pastinya akan membuat kamu penasaran ingin mencoba masakan apa saja yang menjadi ciri khas NTT. Sebelum itu pernah dengar engga cetemak jagung ?. Cetemak jagung adalah salah satu makanan khas NTT yang memang belum popular dan terkenal.Sselanjutnya mari kita cekidot bersama makanan khas Nusa Tenggara Timur berikut ini.

Minuman Khas NTT Moke

“Moko” merupakan salah satu minuman khas NTT tepatnya di Flores, moko sendiri terbagi menjadi dua jenis ada moko putih dan hitam. Moko putih memiliki rasa yang manis sedangkan moko hitam memiliki rasa dari fermentasi moko putih. Moko putih juga selain diminum dapat dijadikan sebagai gula merah karena rasa manisnya, moko hitam sendiri hasil fermentasi dari moko putih yang biasa disebut tuak yang selalu hadir di acara pesta adat. Moko hitam bukanlah moko yang berwarna hitam, warnanya putih agak kekuningan, tapi nama moko hitam lebih dikenal dengan tuak. Sampai ada istilah tidak ada pesta tanpa adanya minuman tuak.

Berbagai Macam Jenis Seafood

Bagian timur di Indonesia terdapat banyak sekali pantai yang indah dan biru, nah seperti pada umumnya NTT yang pastinya terletak di bagian timut menjadikan makanan seafood atau makanan laut khasnya. Makanan khas NTT seafood ini dapat kamu nikmati hampir di sebagaian warung makan di tepi pantai. Kamu bisa menikmati ikan bakar, goreng, kepiting, rajungan, cumi dan makanan seafood lainnya yang pastinya masih segar. Karena letak warung makan yang berada di tepi pantai kamu juga bisa makan sambil menikmati hembusan angin laut yang sejuk dan melihat indahnya laut dengan ombak sebagai propertinya, pokoknya mantap deh. Jadi kalau kamu berkunjung ke NTT jangan lupa ya untuk mencicipi makanan khas lautnya.

Sambal Ikan Teri Khas NTT

Sambal ikan teri ini masih ada hubungannya dengan laut loh ya, sambal ikan teri sangap popular dan terkenal di NTT bahkan di Indonesia. Rasanya yang pedas dan asin menjadikan masyarakat NTT banayak yang menyukainya. Salah satu alasan mengapa NTT menjadikan sambal ikan teri sebagai makanan khasnya adalah, karena sambal ini termasuk kedalam sambal yang enak dan lezat di NTT. Ikan teri yang menjadi salah satu bahan pokoknya juga diambil langsung dari laut yang masih segar. Sambal ikan teri ini juga dijadikan sambal saat kamu memakan santapan seafood di NTB. Cara yang mudah di buat dan simple akan bumbu yang digunakan menjadikan sambal ikan teri sebagai sambal perjalanan ketika bepergian.

Makanan Tumisan Khas NTT

Inilah tumisan yang bukan berasal dari laut, dataran rendah dan tepian pantai tidak hanya identik dengan seafood saja, nyatanya di NTT tumisan kangkung menjadi salah satu makanan khasnya. Tidak hanya tumis kangkung saja tami makanan lainnya yang dimasak dengan cara di tumis. Kamu harus tahu makanan yang dimakan dengan cara ditumis yang paling popular adalah plancing kangkung dan tumisan bunga pepaya. Kalau tumis kangkung sudah menjadi makanan yan gdapat dijumpau dimana saja lain hal nya dengan tumisan bunga pepaya. Bunga pepaya yang ditumis menjadi salah satu makanan yang unik yang terdapat di NTT, rasa yang dihasilkan dari tumisan bunga pepaya sangatlah berbeda dengan makanan yang dimasak dengan cara ditumis pada umumnya.

Catemak Jagung

Kalau tadi kita sudah sama-sama membahas makanan berat kali beda halnya dengan catemak jagung yang menjadi makanan ringan khas NTT. Catemak jagung juga biasa dijadikan sebagai maknan penutup. Bahan utama untuk pembuatan kuliner khas NTT yang satu ini adalah jagung yang sesuai dengan namanya yaitu, cetemak jagung. Tapi tidak hanya jagung saya ada juga labu lilin dan kacang hijau sebagai bahan tambahan

Makanan Khas Nusa Tenggara Timur Kolo

Namanya memang tidak terlalu popular apalagi di pulau Jawa, tapi kalau dilihat dari fotonya kamu pasti pernah lihat dong makanan apa ini. Belum tahu juga? Yaudah mari kita simak penjelasan tentang kolo ini. Kolo merupakan nama makanan yang dijadikan sebagai makanan khas di Provinsi NTT, kolo adalah salah satu jenis makanan yang dimasaknya menggunakan batang dari bambu yang masih berbentuk lingkaran dan panjang. Bahan dasar pembuatan kolo adalah beras yang sudah dimasak menjadi nasi, lalu nasi tersebut dimasukan kedalam bambu yang panjangnya sekitar 30 cm. Lalau bambu tersebut dibakar, tapi nasi yang di gunakan telah dicampur dengan bumbu rahasia ya.

Kue Cucur Khas NTT

Provinsi NTT sangat luas dan memilki berbagai pulau salah satu pulaunya adalah Oesao, di sana sangat banyak terdapat kue cucur yang masih hangat dan enak untuk disantap. Kue cucur sendiri adalah kue yang berbahan utama tepung beras, daun pandan, dan gula merah atau gula lempeng. Kue cucur yang menjadi kue khas NTT ini juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh karena bisa awet dan tahan lama (yaa mekipun engga tahan lama-lama amat sih, kan terbuat dari bahan alami semua).

Nah, itulah beberapa minuman dan makanan khas NTT yang perlu kamu coba ketika kamu berkunjung ke sana. Kalau kamu mau baca-baca dan mengshare juga boleh kok, semoga artikel ini bisa membantu kawan. Masih penasaran ? Kepo ?

Please follow and like us:

Add Comment